Perijinan Pendakian Gunung Semeru Akan Dibuatkan Sistem Online

TREKKING-SEMERU

Gunung Semeru memang tak pernah habis pesonanya dimata para pendaki lokal maupun mancanegara. Gunung dengan puncak tertinggi di Jawa ini selalu menarik wisatawan atau pendaki dengan jumlah besar tiap bulannya. Hal tersebut membuat pengurus wilayah tersebut mengganti sistem perijinannya dengan sistem online.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan mengganti seluruh tata cara pengajuan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) dari manual menjadi online per tanggal 1 Oktober 2017. Hal itu dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada pendaki Gunung Semeru.

“Mulai tanggal 1 Oktober 2017 untuk pendakian Semeru akan diberlakukan full booking online. Kami tidak melayani (pendaftaran) pendakian secara manual, kecuali untuk pendaki mancanegara atau luar negeri masih ada kebijakan atau dispensasi pendaftaran manual,” kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Kamis (27/7/2017).

Menurutnya, Gunung Semeru telah menjadi ikon pendakian nasional bahkan dunia internasional. Ia menyebut pemberlakuan pengajuan Simaksi hanya dengan sistem online akan memudahkan pendaki baik dari segi pendaftaran dan waktu pendakian.

“Kami sudah siapkan dengan tim Information Technology tersendiri (untuk menangani pendaftaran secara online),” jelasnya saat ditanya tentang kesiapan infrastruktur pendaftaran secara online.
source: kompas

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *