Timing Yang Pas Untuk Berlibur ke Jepang

country-japan-mt-fuji-1

Tak usah ditanya lagi, Jepang menyimpan banyak sekali destinasi dan spot keren untuk kita kunjungi. Bahkan bisa dibilang negara ini merupakan most wanted bagi para turis Asia.

Namun kalian juga perlu mengatur strategi untuk menentukan waktu atau timing berlinur yang pas ke Jepang. Bila kita berkunjung kesana saat low seasin, Artinya, kamu akan sering bertemu dengan hujan, badai, dan cuaca yang nggak menentu. Beda cerita kalau kamu datang pada waktu terbaik liburan ke Jepang (peak season), pasti bisa mengunjungi banyak destinasi wisata Jepang terbaik! Namun, risikonya memang biaya ke Jepang jadi gendut tuh!

Ini adalah beberapa waktu terbaik wisata ke Jepang yang bisa kamu jadikan pegangan untuk membuat itinerary ke Jepang. Kapan waktu terbaik tour ke Jepang? Silakan baca ulasannya di bawah ini ya!

Waktu Terbaik Wisata ke Jepang saat Musim Semi (Maret-Mei)

Kapan lagi bisa melihat sakura di Jepang kalau bukan di musim semi. Meski tiket pesawat ke Jepang jadi mahal, tapi sangat worth it untuk datang ke Jepang saat musim semi. Cuaca juga bagus, nggak terlalu panas dan nggak terlalu dingin.

Kamu bisa melihat Jepang bertabur bunga sakura dengan warna putih dan pink. Selama musim ini, kamu juga bisa melihat kembaran bunga sakura yaitu bunga ume. Namun, kamu harus memerhatikan jadwal mekar bunga sakura di destinasi wisata Jepang yang dituju. Karena waktu mekar nggak sama setiap wilayah di Jepang.

 

Waktu Terbaik Wisata ke Jepang saat Musim Gugur (September-November)

Kalau kamu ingin melihat Jepang dengan wajah yang berbeda dan lebih cantik tentunya, bisa datang saat musim gugur! Ini adalah saat yang tepat untuk momijigari atau hunting daun momiji yang berubah warna. Dedaunan berubah warna menjadi kuning, merah dan orange.

 
Waktu Terbaik Wisata ke Jepang saat Musim Dingin (Desember-Maret)
Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat musim dingin. Misalnya adalah bermain ski di Hokkaido atau Nagano, berendam di onsen, hingga sekedar menikamti salju! Bagi orang Indonesia, salju tentu menjadi daya tarik tersendiri. Asal bisa ketemu salju, pasti sudah cukup puas kan?

 
Waktu Terbaik Wisata ke Jepang saat Festival Jepang

Kamu juga bisa datang ke Jepang saat digelarnya suatu festival. Dijamin bakal rame oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Setiap tahunnya, Jepang memiliki festival besar yang sangat populer dan ramai pengunjung. Kamu bisa melihat daftar festival Jepang berikut ini!
a. Gion Matsuri di Kyoto
Gion Matsuri atau Festival Gion menjadi event terbesar di Jepang yang digelar di Kyoto. Selama sebulan penuh, kamu bisa melihat beragam acara menarik yang digelar setiap bulan Juli. Puncaknya, kamu bisa menonton arak-arakan festival yang dinamai dengan Yamaboko Junko. Dan saat malam tiba, kamu bisa hunting makanan khas Jepang di pinggiran Sungai Kamo.
b. Sapporo Snow Festival di Sapporo, Hokkaido
Ada cara terasik untuk menghabiskan musim dingin di Sapporo yaitu dengan mendatangi Sapporo Snow Festival. Kamu bisa menemukan seratus patung es dengan berbagai bentuk. Hal ini menjadi magnet bagi pelancong untuk mendatangi lokasi digelarnya festival yaitu di Odori Park. Kamu bisa mengunjungi tempat ini pada bulan Februari setiap tahunnya.
c. Kanda Matsuri di Tokyo
Nggak hanya Gion Matsuri, satu lagi festival Jepang terbesar adalah Kanda Matsuri yang digelar di Tokyo. Kamu bisa melihat parade besar-besaran yang digelar di jalanan Tokyo. Sebenarnya, pusat festival berada di Kuil Kanda Myojin tetapi arak-arakan juga sampai ke jalanan Tokyo. Kamu bisa datang ke Tokyo pada pertengahan bulan Mei.
d. Obon
Festival Jepang yang satu ini digelar pada pertengahan bulan Agustus. Obon merupakan sebuah prosesi yang berkaitan dengan ritual agama Budha. Masyarakat Jepang akan melakukan berbagi persiapan untuk menyambut arwah leluhur mereka yang kembali ke rumah. Mereka menyiapkan aneka lentera, makanan yang diletakkan di rumah dan kuil, hingga tari-tarian.
e. Golden Week
Saat golden week, semua destinasi di Jepang hampir dipenuhi oleh wisatawan lokal. Mereka bisa mendapatkan waktu libur selama seminggu penuh sehingga memilih untuk liburan. Golden Week ini meliputi The Emperor Showa Brithday (29 April), Greenery Day (4 Mei), Children’s Day (5 Mei), dan Constitution Day (3 Mei).

 

 

 

 

Source: jalan2kejepang
menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *