Tips Liburan Ke Thailand

thailand-and-vietnam-voyage-40376810-1476886695-ImageGalleryLightboxLarge

Puas menjelajahi tempat-tempat keren di nusantara? Mungkin berlibur ke Negara tetangga atau ASEAN bisa menjadi pilihan terbaik, dan Thailand merupakan destinasi yang cukup recommended.

Nah, Supaya traveling kalian nyaman selama menjelajahi Negeri Gajah Putih ini, simak yuk tips berikut ini…

 

Informasi Tujuan

Sebelum pergi, cari informasi mengenai bandara tempat kamu akan mendarat, seperti lokasi dan transportasi apa saja yang bisa kamu gunakan dari bandara ke tengah kota. Seperti misalnya di Bangkok, ada dua bandara yaitu Suvarnabhumi International Airport dan Don Mueang International Airport. Dari Suvarnabhumi lebih mudah ke tengah kota, karena ada kereta Airport Rail Link (ARL).

 

Transportasi

Kalau mau naik taxi umum dari bandara, antrelah di tempat menunggu taxi resmi bandara. Akan ada Airport Surcharge (biaya tambahan) 50 Baht, kamu akan diberi semacam tiket dan nanti tambahan biaya ini dibayarkan ke pengemudi taxi kamu. Jadi nanti totalnya adalah tarif di argometer, ditambah 50 Baht dan biaya tol (jika ada).

 

Bahasa

Kebanyakan pengemudi taxi bahasa Inggris-nya kurang lancar, jadi sebaiknya alamat penginapan sudah kamu print dengan font yang agak besar supaya jelas. Jika sempat, sebelum pergi coba email ke hotel tempat akan menginap dan minta untuk dikirimkan alamat hotel/hostel dalam bahasa Thai, jadi lebih mudah dimengerti pengemudi.

 

Catat Nomor Bus

Kalau memutuskan naik bus, jangan lupa browsing dan dapatkan info nomer busnya. Karena di Thailand bus umum hanya menuliskan tujuannya dalam bahasa Thai. Menghafalkan harus naik bus nomer berapa, adalah cara paling jitu kalau mau naik transportasi ini.

 

Perhatikan Kultur

Orang Thailand tidak suka untuk disentuh kepalanya, karena kepala dianggap sebagai bagian tersuci dari tubuh. Biasanya kalau kita melihat anak kecil yang lucu kita suka menyentuh, hindari, karena ini akan dianggap tidak sopan.

 

Tradisi dan kepercayaan

Pendeta Buddha tidak diperbolehkan bersentuhan dengan wanita atau menerima barang apapun dari tangan seorang wanita. Di transportasi umum seperti bus, biasanya juga disediakan kursi khusus untuk para pendeta Buddha.

 

Kuliner

Makanan Thailand sebagian besar cocok dengan lidah kita orang Indonesia, jangan lupa mencoba makanan-makanan lokalnya. Lupakan dulu restoran fastfood favorit kamu yang mungkin juga bertebaran dimana-mana. Dan Thailand adalah surga buah-buahan! Supaya lebih sehat dan fit saat traveling, kamu bisa puas-puasin makan aneka buah, atau beli jus buah dengan harga yang murah.

 

Jangan Merokok!

Buat kamu yang merokok, penting untuk diingat jangan merokok di sembarang tempat! Terutama kalau kamu di Bangkok, pemerintah kotanya menetapkan larangan merokok di semua gedung yang ber-AC dan juga sebagian besar tempat umum seperti hotel, hostel, bandara, stasiun kereta, mal dan berbagai tempat lainnya. Kalau melanggar bisa kena denda sebesar 2,000 baht. Produk rokok juga tidak dipajang di tempat terbuka di mini marketatau toko di seputar Bangkok.

Ayo liburan all!

 

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *