Tips Solo Traveling Bagi Wanita

Businesswoman with trolley in a waiting room

Traveling sendirian? Why not! Tapi itu mungkin akan terdengar lebih mudah bila travelernya adalah seorang pria, lain hal bila kalian para wanita yang melakukan traveling seorang diri. Ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan dan waspadai. So, simak tips berikut ini.

 

Pilih lokasi penginapan yang strategis
Pemilihan lokasi penginapan memerlukan pertimbangan yang cukup matang saat kamu memutuskan pergi sendirian. Sewaktu-waktu kamu tentu perlu pergi ke minimarket, ATM, atau mungkin tempat makan. Jika kamu pergi bersama teman tentu hal tersebut bukan hal yang perlu dirisaukan karena kamu bisa meminta mereka untuk menemanimu. Hal berbeda tentu terjadi saat kamu pergi seorang diri di mana kamu tidak bisa meminta siapapun untuk menemani.

 

Jaga Smartphone atau Handphone untuk tetap aktif dan hindari low-batt
Handphone adalah benda utama yang akan membantu kamu saat traveling. Mulai dari browsing informasi, pesan tiket, download peta, cari rumah makan, dan lain sebagainya: semua mengandalkan ponsel. Karena hal tersebutlah kita terkadang lupa mengisi baterai handphone, sehingga saat kita mau menggunakan, malah baterainya habis. Padahal dalam keadaan darurat, hal paling memungkinkan untuk dilakukan adalah menelepon seseorang yang kita percaya untuk membantu. Tapi bagaimana mungkin kita bisa menelepon orang lain kalau ternyata begitu mau menelepon baterai handphone malah low batt.

 

Bersikap sewajarnya terhadap orang lain dan jangan terlalu terbuka
Ketika kita traveling sendirian usahakan jangan sampai banyak orang mengetahui hal tersebut. Paling tidak, jika orang berpikir bahwa di tempat tersebut kamu mengenal seseorang, orang akan berpikir dua kali jika mau melakukan hal buruk kepadamu. Hal ini juga berlaku saat kamu sedang menunggu sendiri di suatu tempat atau berada di alat transpotasi umum. Ketika ada yang bertanya apakah kamu pergi sendiri, jawab saja kalau kamu pergi bersama teman mu dan kalian terpisah karena temanmu sedang ada perlu.

 

Pilih Dorm Khusus Wanita
Jika kamu menginap di hostel kamu akan ditawari ingin tinggal di dorm yang khusus perempuan atau yang campur dengan lelaki. Biasanya dorm campuran dihargai lebih murah daripada dorm khusus perempuan. Seandainya dalam suatu perjalanan kamu pergi sendirian maka ada baiknya kalau kamu memilih dorm khusus perempuan.
Berbusana sewajarnya
Inti dari poin ini adalah buat dirimu terlihat sama seperti penduduk sekitar dengan gaya yang standar. Jangan malah heboh menunjukkan bawa kamu adalah turis. Tidak perlu malah menggantungkan kamera di leher supaya dilihat orang. Jika kamu memang memerlukan peta download saja petamu dan simpan di handphone supaya kamu gak perlu bawa peta gede-gede.

 

Mintalah Nomor Telepon Hotel Atau Malah Pihak Keamanan Setempat
Catat selalu nomer telepon tempat kamu menginap atau malah kalau mau lebih aman lagi mintalah nomer pihak keamanan yang ada di lokasi liburan kamu. Selain sangat berguna untuk menolong kamu jika kamu kesasar nomer-nomer ini juga berguna bila ternyata kamu harus berhadapan dengan hal-hal tidak mengenakkan seperti kena tipu, dompet hilang, atau dikejar orang jahat.

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *