Cara Jitu Agar Rencana Liburan Bersama Kawan-Kawan Dapat Terwujud

family-holiday-e1464089659640

Liburan ramai-ramai bersama kawan-kawan tercinta memang dambaan setiap orang. Siapa yang tak mau mengunjungi spot-spot keren dengan orang-orang tercinta. So, kalian juga harus membuat perencanaan dan teknis yang oke agar wacana liburan bersama segera terwujud. So, simak tipsnya…

 

Pastikan Jadwal

Masing-masing anggota harus meluangkan waktu bila benar-benar ingin travelling bersama. Karena itu, sebaiknya penentuan jadwal keberangkatan dan lama waktu berlibur sudah disepakati dari jauh hari sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan bagi peserta liburan melihat jadwal liburnya atau mengajukan cuti.

Selain itu, pemilihan waktu sebaiknya juga dicocokkan dengan tempat tujuan. Perlu dicari tahu apakah lokasi tersebut bisa dikunjungi pada waktu Anda dan teman-teman berlibur atau tidak.

 

Tentukan Tujuan Berlibur

Hal berikutnya yang perlu dirancang dengan matang adalah penentuan tempat berlibur. Akan tetapi, Geoff Morrison—seorang penulis perjalanan wisata yang bertempat tinggal di Los Angeles—mengatakan bahwa urusan lain yang tak boleh ketinggalan adalah perencanaan aktivitas.

Semua perlu didiskusikan dulu, termasuk bila tiap orang memiliki rencana aktivitas untuk satu tim seperjalanan. Meski demikian, tak berarti juga harus ada yang selalu mengalah. Hal terpenting adalah berkompromi dan putuskan yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Solusi lain, luangkan waktu personal untuk melakukan aktivitas yang diinginkan masing-masing. Tidak semua kegiatan harus terus-menerus dilakukan bersama.

 

Diskusikan Secara Bersama

Setiap peserta liburan biasanya memiliki keinginan yang berbeda, seperti tempat menginap, restoran, dan alat transportasi.

Contohnya, sebagian orang ingin menginap di hotel mewah, sedangkan sisanya lebih memilih hotel low budget. Begitu juga saat memilih transportasi selama perjalanan. Ada yang lebih memilih sewa mobil pribadi, dan ada juga yang lebih senang dengan transportasi umum.

Pilihan-pilihan yang berbeda kerap menimbulkan perselisihan. Untuk menyiasatinya, usahakan cari jalan tengah agar semua orang tidak merasa terbebani.

 

Rencanakan Budgeting

Bila destinasi kalian jauh maka perencanaan keuangan harus diatur secara bersama-sama. Paling tidak harus terkumpul uang kas untuk keperluan akomodasi primer seperti penginapan, tiket, dan transportasi selama di tempat berlibur

 

Siasati cara menabung dan kesepakatan pengeluaran bersama

“Jangan menyimpan yang tersisa setelah pengeluaran, tetapi habiskan yang tersisa setelah menyimpan,” ujar salah satu tokoh terkaya dunia, Waren Buffett.

Kutipan itu mengemuka karena di dalamnya tersirat pesan mengenai sistem menabung. Tidak disarankan menyisihkan uang dari sisa pengeluaran yang tidak terencana. Namun, ia tidak melarang orang untuk bersinggungan dengan pengeluaran tidak terencana bila sudah memenuhi kebutuhan pokok dan rencana tabungan.

Rencana perjalanan juga perlu penyisihan rutin untuk dapat diwujudkan. Solusinya, hilangkan pengeluaran tak terencana sebelum itu terpenuhi. Sedangkan untuk pengeluaran bersama dalam perjalanan harus dibahas secara terbuka. Keperluan biasanya mencakup akomodasi, makan, dan transportasi tim selama berplesir.

 

Berbagi tanggung jawab

Kerja sama antar satu sama lain bisa membuat perjalanan lebih mudah dan menyenangkan. Ya, perjalanan bersama akan terasa lebih sulit bila semua beban tanggung jawab dilimpahkan pada satu orang.

“Buat daftar lengkap mengenai apa saja yang diperlukan dalam perjalanan. Lalu, tetapkan tugas dan tanggung jawab pada orang-orang yang dianggap bisa melakukannya,” tulis Kristin Wong, seorang jurnalis travel pada lifehacker.com, Kamis (17/12/2015).

 

Siapkan barang bawaan bersama

Hal terakhir yang perlu dipersiapkan dengan matang adalah pengemasan barang atau packing. Persiapan packing bisa dilakukan dengan mengurutkan barang apa saja yang perlu dibawa, termasuk peralatan untuk digunakan bersama. Contohnya, bola untuk obyek bermain seluruh personel liburan.

Selain itu, sesama teman juga perlu saling mengingatkan barang-barang penting yang tidak boleh ketinggalan saat berkemas. Misalnya, jangan sampai lupa membawa jaket bila kebetulan tujuan destinasi adalah tempat yang dingin, obat-obatan pribadi, sunscreen, dan ponsel.

Ponsel jelas diperlukan sewaktu travelling dengan teman-teman. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan mencari lokasi, tetapi juga mengabadikan momen liburan.

Untuk dokumentasi momen kebersamaan,saat ini sudah ada handphone yang dapat mendukung group selfie sehingga tidak perlu repot minta tolong orang lain atau membawa tongkat narsis (tongsis).

 

 

 

 

 

Sumber: travel kompas

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *