Aplikasi untuk yang suka jalan-jalan

social_media

 

Traveling belakangan ini menjadi satu hobi, bahkan gaya hidup yang semakin banyak peminatnya. Tidak heran, banyak hal-hal pendukung traveling yang mulai bermunculan, salah satunya gadget.
Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, gadget adalah barang wajib para traveler. Contoh paling nyata adalah Smartphone. Perkembangan telepon genggam dari yang hanya bisa telepon, telepon dan sms, telepon sms dan internet, sampai telepon sms dan segalanya. Dengan kemampuan canggihnya itu, Smartphone yang dilengkapi aplikasi yang tepat akan menjadi teman traveling yang sangat berguna.
Dari obrolan dengan beberapa orang traveler, ada beberapa kategori aplikasi smartphone yang cocok (bahkan wajib) untuk traveler. Beberapa diantaranya :

Browser

1. Browser App. Browser bawaan smartphone biasanya LoLa alias loading lama, makan banyak kuota atau tidak ramah untuk koneksi lambat. Opera Mini bisa dijadikan alternatif untuk browsing yang lebih “ringan”.

Weather

2. Weather App. Ramalan cuaca sebenarnya penting nggak penting. Tapi untuk traveler disiplin yang sudah merencankan semuanya dengan baik, informasi cuaca adalah hal yang krusial. Ada banyak aplikasinya mulai dari yang gratis sampai berbayar. Contoh : Yahoo!, AccuWeather, dll.

GoogleMapsiOS6

3. Maps & Traffic App. Ini jadi satu aplikasi wajib. Hampir semua smartphone sebenarnya sudah menyertakan peta digital, tapi ada juga aplikasi lain yang punya kelebihan tertentu. Google Map adalah yang paling terkenal. Selain itu bisa juga install Waze, untuk tahu informasi traffic di suatu tempat.

Hotels

4. Hotel, Restaurant & Ticket App. Dengan aplikasi khusus ini kita lebih mudah melakukan reservasi, review bahkan memantau promo tiket pesawat murah, diskon hotel atau promo paling update dari restoran. Beberapa contohnya adalah Agoda, Tripadvisor, Sksyscanner dll.

instagram-logo-vector-image

5. Photo Sharing App. Saat ini, traveling bukan hanya sekedar datang ke tempat tujuan dan refreshing, tapi lebih dari itu. Kita selalu ingin menunjukkan eksistensi diri ke banyak orang lewat foto-foto yang bagus. Salah satunya Instagram, tidak diragukan lagi pasti ada di semua smartphone para traveler. Contoh aplikasi lain adalah Streamzoo, Snapseed, WeHeartIt, Flicker, VSCOcam, EyeEm, dll.

social_media

6. Social Media. Berbagi momen dan foto bisa lebih leluasa karena banyaknya apliaksi social media. Yang wajib saat ini tentu saja Facebook, Path, Twitter dan masih banyak lagi.

 

7. Translator App. Traveling tentu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. Sedikit tidaknya, kita akan memerlukan aplikasi penerjemah bahasa supaya obrolan bisa sedikit nyambung. Daripada bawa kamus konvensional kemana-mana

organizer

8. Organizer App. Kadang, serapi dan sebagus apapun merencanakan sesuatu biasanya ada saja yang ketinggalan atau terlupakan. Untuk itu, penting sekali untuk memakai aplikasi yang bisa membantu untuk mengingat jadwal, mencatat hal-hal penting, menghitung biaya traveling atau sekedar membuat daftar barang bawaan. Google Now, Wunderlist, dan Evernote adalah beberapa dari sekian banyak aplikasi yang bisa memudahkan perencanaan.

 

Itu adalah beberapa kategori aplikasi yang bisa dipakai oleh traveler. Seberapa penting? Tentu saja, kembali lagi tergantung kebutuhan masing-masing.

Happy Traveling!

 

menur astuti

2 thoughts on “Aplikasi untuk yang suka jalan-jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *