Tips Traveling Photography

travel-photogrpahy-3

Traveling dan fotografi merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Orang-orang bertraveling pasti selalu mendokumentasi perjalanannya dan ingin menunjukkan keseruannya dalam menjelejah dunia. Demikian pula para fotografer, mereka akan menemukan banyak spot dan angle keren dengan cara bertraveling.

Nah, yang perlu dipahami, bahwa untuk menghasilkan foto perjalanan yang keren tak harus susah-susah membawa kamera DSLR atau kamera mahal dengan perlengkapan yang berat. Cukup dengan kamer pocket atau kamera HP beresolusi tinggi. Simak tipsnya…

 

travel-photogrpahy-2

 

  1. Lakukan riset

Riset, menurut fotografer yang telah berkecimpung di dunia fotografi sejak tahun 2004 ini, adalah hal penting. Terutama untuk mengetahui kondisi lingkungan yang akan dipotret. Penelitian dapat dilakukan dengan mencari di internet atau bertanya langsung pada kenalan.

 

  1. Dalami objek yang hendak difoto

“Fotografi perjalanan yang baik adalah yang mengenal orang dan kisah di baliknya,” menurut Roderick, seorang ahli Traveling Photography”. Semakin lama di suatu tempat, menurutnya, fotografer akan memiliki peluang menemukan hal-hal baru.

 

  1. Otentik

Lensa tele yang selama ini menjadi andalan untuk memotret manusia, nyatanya membuat banyak orang jadi risih. “Belajar dari lensa jarak menengah, berkomunikasi dengan sumber. Semakin nyaman semakin mudah mendapat foto-foto bagus,” kata Roderick.

 

  1. Kuasai alat

Menurut Roderick, menguasai fitur-fitur di kamera jadi hal penting untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

 

  1. Jangan lupa caption

Catatan atau caption yang mewakili foto juga menjadi nilai tambah dari foto perjalanan.

 

Traversing the huge red red sand dunes of Erg Chebbi, Sahara Desert, Morocco

  1. Hormati budaya setempat

Dari fotografi dapat mengajarkan seseorang untuk lebih menghormati budaya setempat saat melakukan perjalanan. “Contohnya hampir tak ada fotografer yang buang sampah sembarangan saat traveling,” katanya

 

  1. Jangan lupa bersenang-senang

Terakhir, Roderick mengatakan bersenang-senang adalah unsur penting untuk mengabadikan fotografi perjalanan yang baik dan menarik.

 

 

 

 

Sumber: Travel Kompas

menur astuti

One thought on “Tips Traveling Photography

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *