Beberapa Hal Yang Membuat Kita Rindu Mendaki Gunung Rinjani

rinjani

Bila terdengar kata wilayah Lombok, maka juga akan terngiang eloknya gunung Rinjani, gunung yang merupakan salah satu gunung favorit bagi para pecinta alam untuk melakukan pendakian. Ketinggian gunung ini yang mencapai 3.726 mdpl sangat menantang para pendaki gunung untuk menaklukkan puncaknya. Namun ada beberapa hal yang paling dirindukan dan membuat kita semakin ingin menapaki gunung Rinjani. Check this out!

 

savana sembalun

Indahnya Savana Sembalun

Savana ini adalah surga pertama yang menyambutmu ketika memulai melangkahkan kaki dari pos perijinan Sembalun. Dari sini, puncak Anjani terlihat jelas gagah di depan sana, seolah memberimu semangat untuk tak lelah melangkah. Angin sepoi-sepoi juga akan terus menemanimu sepanjang perjalanan. Meski jalur ini tak selamanya datar, tapi pemandangan sekeliling Savana ini dijamin tak akan pernah membuatmu jera.

 

Tujuh bukit penyesalan

Tujuh bukit penyesalan ini adalah ungkapan dari para pendaki untuk tanjakan selepas pos 3. Tanjakan sebanyak tujuh bukit inilah yang harus dilalui untuk menuju Pelawangan Sembalun. Tak main-main, elevasinya hampir 45 derajat dengan panas matahari yang menyengat, seolah hawa dingin khas gunung tidak berlaku di sini. Hal inilah yang sering membuat mental para pendaki down melihat tanjakan yang tiada habisnya didaki selama berjam-jam. Namun, satu hal yang membuat sulit dilupakan dari setiap jengkal penyiksaannya, dari tempat ini kita bisa melihat deretan kota Lombok di bawah sana.

 

Menantangnya Track summit

Siapa yang akan merindukan tempat ini? Sebuah jalan menanjak tinggi, lengkap dengan pasir super tebal yang selalu menelan hampir se-mata kaki. Jalan berpasir licin yang hampir membuat setiap pendakinya nyungsep dan bergelindingan indah di atasnya. Apa yang harus dirindukan dari sebuah tanjakan pasir berangin kencang yang seolah menantang pendaki untuk sampai di puncak Anjani?

Jawabannya adalah ketika kamu tundukkan kepalamu ke arah kanan pendakian, apa yang bisa kamu lihat? Dari sini Segara Anak mulai tampak. Degradasi warna danau yang mengagumkan, entah ada di mana lagi kalau bukan di Indonesia. Sebuah keindahan mata yang tak bisa diungkapkan dengan kosa kata. Di tempat ini, kamu akan bertemu dengan bunga abadi khas tanah tinggi. Edelweiss. Sebuah bunga yang terlihat indah jika tetap ada di pohonnya.

 

danau_segara_anak_dilengkapi_cctv

Segara Anak

Aku tidak yakin ada pendaki yang tidak merindukannya. Memang bukan perjalanan yang mudah untuk sampai di tempat ini. Bergelantungan di bebatuan dengan kemiringan hampir 90 derajat selama berjam-jam, tentu bukan sesuatu yang biasa saja.

Sebuah danau indah berwarna tosca lengkap dengan pemandangan Gunung Barujari di tengahnya, bak pulau indah yang selalu menjaga tempat ini agar tampak menawan. Sebuah tempat melepas lelah yang luar biasa mewahnya. Sebuah tempat mendirikan camp dengan title bintang sejuta.

 

Teman seperjuangan dalam pendakian!

Cobalah mengingat cerita perjalananmu. Bagaimana seorang teman adalah harta berhargamu pada saat tidak ada satupun keluarga yang ikut serta. Cobalah mengingat, bagaimana bahagianya kamu saat kalian tertawa bersama menikmati indahnya hari itu. Dan pada saat kalian saling diam karena tak punya kosakata untuk mengungkapkan betapa bahagianya kalian di tempat itu.

Mendaki gunung bukan melulu soal puncak dan dokumentasi dalam sebuah kamera digital. Cobalah mengingat semua teman seperjuanganmu mendaki puncak 3726 mdpl ini. Sebuah tawa hangat sahabat di dinginnya malam, tak pernah bisa terekam dalam videografi kamera tercanggih sekalipun. Memori otak kita merekamnya lebih dari itu.

 

 

 

 

sumber: hipwee

 

menur astuti

One thought on “Beberapa Hal Yang Membuat Kita Rindu Mendaki Gunung Rinjani

  1. paket outbound says:

    Trekking Mount Rinjani was one of the most epic journeys of the year for me! We endured three days and two nights led by our guide and two porters to the summit of Mount Rinjani, an incredible 3,726 meters. I’ve written this Mount Rinjani review blog to help you set up your trip and to share with you my experience so you will have some idea of what to expect for your own journey!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *