Belanja Online? Kenapa Nggak?

 

airasia april 2014 off the rack copy_Page_2

Perkembangan teknologi yang sangat pesat, khususnya internet begitu memudahkan kehidupan kita saat ini. Mulai dari terhubung dengan orang lain lewat social media, urusan pekerjaan, bahkan sampai urusan belanja apapun, bisa menjadi hal yang sangat mudah saat ini.

Flashback sedikit, ada yang tahu nggak bagaimana belanja online di dunia itu dimulai? Menurut Wikipedia, Belanja online pertama kali dilakukan di Inggris pada tahun 1979 oleh Michael Aldrich dari Redifon Computers. Dia menghubungkan televisi berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara realtime lewat kabel telepon. Dari tahun 1980, Michael Aldrich kemudian menjual sistem belanja online yang ditemukannya di berbagai penjuru Inggris.

Setelah itu, di tahun-tahun berikutnya mulailah bermunculan sistem belanja online dan mengalami perkembangan yang semakin canggih hingga saat ini.

Untuk di Indonesia sendiri perkembangan e-commerce juga sangat pesat. Mulai dari perbankan dengan e-banking-nya sampai online shop yang jumlahnya sangat banyak.

Belanja semakin mudah

Banyak orang saat ini pasti sudah merasakan kemudahan dari kehadiran e-commerce. Asalkan ada komputer atau smartphone & koneksi internet, semuanya bisa!

Tapi tidak menyalahkan juga untuk yang masih belum percaya dengan transaksi online. Tidak apa-apa. Bagaimana kalau kita cek kemudahannya sama-sama?

  1. Nggak perlu datang langsung ke toko. Hemat waktu dan hemat tenaga, karena kita hanya “keliling” toko di depan layar komputer atau smartphone. Kita juga terhindar dari wajah judes SPG saat kita terlalu banyak bertanya. 😀

 

  1. Pilihan barang yang lengkap. Kalau belanja konvensional, untuk mencari barang yang diinginkan mungkin tidak cukup hanya dengan datang ke satu toko. Kita harus pindah kesana-kemari, repot. Buang-buang tenaga dan waktu tentunya.

 

Belanja online pun sebenarnya seperti itu, hanya saja kita nggak capek jalan kaki atau keluar masuk komplek toko. Tinggal klik, dalam hitungan detik kita udah pindah tempat dan punya banyak waktu untuk mencari barang yang diinginkan.

 

  1. Harga Terjangkau. Harga di toko online biasanya lebih murah daripada di toko konvensional. Kenapa? Karena biaya operasional toko bisa ditekan dengan sistem online. Pihak toko nggak perlu sewa tempat untuk buka toko, tapi tinggal membuka wesbite. Jadi harga yang ditawarkan ke konsumen bisa lebih bersahabat.

 

  1. Barang diantar ke rumah. Enaknya belanja online ya ini, barangnya diantar sampai depan pintu rumah. Asalkan, alamat yang kita berikan jelas dan kurirnya memang terpercaya.

 

 

 

  1. Banyak Diskon. Menjelang hari-hari tertentu biasanya akan ada banyak promo, sering-sering saja update dengan berlangganan newsletter atau follow account social media toko online bersangkutan.

 

Tips belanja yang aman dan nyaman

  1. Pastikan website atau toko online yang dipilih memiliki reputasi yang baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pelanggan yang puas. Sempatkan juga membaca testimoni di websitenya atau bisa tanyakan langsung ke teman yang sudah pernah belanja online sebelumnya.

 

  1. Mulai dari belanja dengan nilai kecil. Untuk yang baru pertama kali dan masih ragu, coba belanja dengan nominal kecil. Pertimbangannya adalah, kalau gagal nggak terlalu rugi. Tapi kalau toko online yang dipilih memang punya reputasi yang bagus, kemungkinan gagal itu sedikit. Hati-hati, nanti malah ketagihan.

 

  1. Pilih metode pembayaran yang paling mudah. Kalaupun memungkinkan menggunakan kartu kredit tapi masih ragu, pilihlah metode pembayaran transfer bank via ATM. Jangan lupa, ikuti tahap-tahap pembayaran yang disyaratkan oleh sistem toko. Jangan salah format.

 

  1. Ingat verifikasi pembayaran. Ini penting! Sebagian besar online shop memerlukan verifikasi dan kita harus melakukannya sebagai bukti sudah mentransfer sejumlah yang ditentukan. Kalau tidak, sampai lebaran monyet juga barangnya nggak akan pernah dikirim. 😀

 

  1. Cek estimasi pengiriman barang sampai di rumah. Kalau di website dicantumkan estimasi pengiriman (biasanya hari kerja) antara 2 – 7 hari, berarti kita menunggu di antara hari itu. Kalau melebihi hari yang ditentukan, hubungi pihak toko segera.

 

  1. Cek nomor pengiriman. Ada sebagian toko online yang memberikan nomor resi ada juga yang tidak. Dari nomor itu kita mengecek barang apakah sudah sampai di kurir di kota kita atau masih di jalan. Selain itu ada beberapa online shop yang bisa memberikan pilihan jenis pengiriman yang kita inginkan, seperti pengiriman ekonomis, reguler, cepat atau super cepat. Ini akan berpengaruh pada biaya kirim yang dibebankan ke konsumen.

 

Bagaimana? Mau coba belanja online atau malah bingung mau belanja apalagi di internet? Yuk cek www.Azurbali.com , pilih warna yang disukai dan jangan lupa beli yang banyak. J

Selamat berbelanja.

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *