Kekuatan Paspor Indonesia di Dunia

Sebagai warga negara Indonesia kita pasti ingin tahu kekuatan negara kita jika dibandingkan dengan negara lain. Kekuatan paspor merupakan salah satu tolak ukurnya. Situs Passport Index baru-baru ini merilis daftar negara dengan paspor terkuat hingga terlemah di dunia tahun 2017. Sama seperti tahun lalu, Jerman menduduki peringkat pertama. Pemegang paspor Jerman mendapatkan bebas visa ke 157 negara di dunia. Peringkat kedua ditempati oleh Swedia dan Singapura, masing-masing memiliki bebas visa ke 156 negara. Satu peringkat di bawahnya ada Denmark, Finlandia, Perancis, Spanyol, Swiss, Norwegia, Inggris, dan AS yang memiliki bebas visa ke 155 negara.

Mengutip situs resmi Passport Index, Selasa (17/1/2016), Indonesia menempati peringkat ke-67 bersama tiga negara lainnya yakni Ghana, Uganda, dan Mongolia. Pemegang paspor Indonesia memiliki bebas visa menuju 57 negara. Di Benua Asia sendiri, kekuatan paspor Indonesia bisa dibilang masih lemah. Indonesia menempati peringkat ke-28 dari 50 negara. Bahkan,Timor Leste memiliki paspor lebih kuat dengan bebas visa ke 84 negara.

Namun, Indonesia adalah salah satu negara yang paling “ramah” terhadap kedatangan wisatawan asing. Meski Jerman menduduki peringkat pertama paspor terkuat, negara tersebut bukanlah yang paling “ramah” terhadap pemegang paspor negara lain. Jerman hanya memiliki bebas visa untuk 91 negara. Bandingkan dengan Kamboja, yang menduduki peringkt pertama, dengan bebas visa untuk 198 negara. Sementara Indonesia menduduki peringkat ke 16 dengan bebas visa untuk 169 negara.

Sumber: Kompas Travel

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *