Tips Mendaki Gunung Dengan Tepat

Mendaki gunung saat ini telah menjadi tren bahkan gaya hidup. Bahkan tak selalu dari kalangan pecinta alam saja yang melakukan pendakian, orang awam biasa pun sudah menjadikan naik gunung sebagai hobi. Tapi perlu diingat all, meski pendakian yang kalian lakukan tidak terlalu jauh dan area medan yang dilalui cukup mudah, kalian tetap harus waspada dan melakukan cara pendakian yang benar. Check this out!

 

Hiking

Persiapan Fisik

Paling tidak dua minggu atau seminggu sebelum melakukan pendakian, kalian harus persiapan terlebih dahulu. Cara yang paling mudah adalah dengan lari-lari selama satu jam setiap dua hari sekali hingga waktu pendakian tiba. Akan lebih maksimal bila kalian lari sambil membawa tas yang diisi beban yang tak terlalu berat.

Perlengkapan Yang Tepat

Secara umum mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui benda-benda penting apa yang wajib dibawa ketika pendakian. Dalam satu tim sebisa mungkin tidak semuanya membawa tas ranser atau karier yang terlalu berat. Paling tidak terdapat satu atau dua orang yang membawa tas standard. Hal tersebut agar ketika terjadi kelelahan pada anggota yang membawa tas ransel berat, maka anggota yang lain bisa menggantikan. Selain itu jangan remehkan cuaca, tetap membawa jaket tebal dan sarung tangan.

Hiking3

Berjalan Dengan Tepat

Ketika mendaki, berjalanlah dengan langkah kecil, gerakan nafas teratur, dan tenang untuk menghemat tenaga dan tetap seimbang. Sebisa mungkin untuk tidak ngobrol terlalu banyak karena akan menghabiskan nafas.

Cara Beristirahat

Ketika beristirahat, duduklah dengankaki melonjor lurus diatas badan untuk mengembalikan aliran darah supaya mengalir normal. Karena  ketika berjalan seluruh darah telah turun dan terpusat di kaki.

Hiking2

Menuruni Tebing

Diperlukan kehati-hatian dan ketenangan untuk ini. Bila tebingnya cukup curam, maka posisikan tubuh tetap tegak mengikuti kontur tebing, turun secara perlahan dan koordinasikan tangan dan kaki secara tepat. Yang terpenting sebelum menurun coba pastikan tanah yang akan kalian pijak benar-benar kuat dan tidak longsor.

Navigasi Darat

Merupakan cara untuk menentukan posisi dan arah perjalanan baik di daerah sebenarnya atau di peta. Yang pertama kenali tanda-tanda alam sebagai patokan, seperti pohon tinggi besar, matahari sebagai pedoman arah, dan buatlah tanda dengan tali atau pita dengan warna yang mudah dilihat apabila menemui jalan bercabang. Untuk menentukan arah dan posisi awal keberangkatan , bidikanlah dengan kompas ke puncak yang akan kita tuju. Kemudian catat arah dan posisinya sebagai pegangan.

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *