Laguna Indah di Raja Ampat

123456

123

Seakan tak pernah ada habisnya kalau kita membahas tentang Raja Ampat, surga dunia yang terletak di wilayah Papua. Sulit rasanya kehabisan topik pembicaraan bila sudah membahas mengenai spot alam terbaik di Indonesia, bahkan di dunia ini.

Raja Ampat belum berhenti mempesona traveler. Satu lagi keajaiban alam dengan pemandangan yang menakjubkan, laguna cantik Pulau Rufas. Indah bukan main!

Gugusan pulau-pulau dan karang di Kabupaten Raja Ampat tak perlu diragukan lagi kecantikannya. Siapa sangka di antara beberapa pulau itu menyembunyikan sepotong surga yang masih jarang dikunjungi wisatawan.

Salah satunya Pulau Rufas yang berdekatan dengan Bukit Pianemo, salah satu icon Raja Ampat yang paling banyak dikunjungi wisatawan.
Menuju pulau Rufas dengan menggunakan boat, sepanjang perjalannya menyajikan pemandangan gugusan karang menjulang khas Raja Ampat yang menakjubkan.

Ketika boat berbelok di sebuah celah dua karang yang menjulang, arus air mendadak lebih tenang. Ternyata boat sudah masuk ke sebuah laguna cantik yang dipagari karang yang membukit di sekelilingnya.

Warna air laut di laguna ini toska cerah, membaur dengan pasir putih di salah satu sisinya. Pepohonan bakau yang dipercaya sudah sangat tua tumbuh di sisi lainnya.

Nampak di seberang jalur masuk, terdapat dua rumah tradisional Raja Ampat yang berdiri persis di pinggir laguna. Sedangkan jika menyeberang terus ke kiri dari jalur masuk, ada sebuah dermaga sederhana dan jalur pendakian bukit karang.

Jalur pendakian bukit karang di sisi tersebut masih berupa pijakan karang yang disemen agar lebih mudah dipijak. Di puncaknya, Anda akan menemukan bangunan bertingkat yang belum selesai dibangun.

Lantai dua bangunan inilah yang menjadi gardu pandang, spot terbaik untuk menikmati laguna dan pulau Rufas ini dari ketinggian.

Dari sana, terlihat betapa laguna ini ternyata bersembunyi di balik bukit karang yang mengelilinginya. Warna biru toska laguna tampak sangat kontras dengan warna lautan di luarnya.

Airnya yang begitu tenang menjadi sasaran tepat untuk wisatawan yang ingin menikmati laut dengan bersantai di atas floaties. Pasirnya sangat lembut, ditambah ikan-ikan kecil yang jinak di pinggirnya akan menyerbu jika diberi makan.

 

Dengan biaya Rp 400 ribu per orang per hari, tamu bisa menginap dan makan 3 kali sehari. Jika ingin menginap di sini, lebih baik tamu menghubungi Soleman secara langsung karena pria yang bertugas sebagai Kepala Puskesmas Bantu di Kampung Pam ini tak tinggal di Pulau Rufas.

 

So, masih memilih liburan ke luar negeri, simpan keinginan kalian itu dan beralihlah ke Papua!

 

 

 

Sumber: detik

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *