Merawat tas anti air supaya tahan lama

DSC_0170

 

Semua benda pendukung aktivitas yang sering dipakai pasti akan cepat rusak. Tapi bukan berarti kita tidak bisa membuatnya lebih tahan lama. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merawat barang-barang yang sering dipakai supaya umurnya lebih panjang. Termasuk tas anti air.

Tidak mau kan tas yang dibeli mahal-mahal hanya bisa dipakai dalam waktu singkat? Ada beberapa cara mudah supaya tas anti air lebih awet :

  • Perhatikan cara pakai.

Tas paling mahal & paling kuat sekalipun tetap akan cepat rusak kalau cara pemakaian yang tidak baik. Biasakan membaca aturan pakai. Tidak hanya obat, biasanya produsen tas berkualitas pasti melengkapi produknya dengan instruksi atau cara pemakaian yang benar. Tas anti air bukan sengaja untuk dicelupkan ke dalam air, tapi mampu memberikan perlindungan saat terkena semprot air dari segala air atau jatuh di air dalam jangka waktu tertentu.

  • Cek kapasitas atau daya muat.

Tas anti air pada umumhya dijual dengan satuan liter untuk memudahkan dalam membedakan ukuran. Perhatikan! Angka penunjuk ukuran dalam satuan liter tidak menunjukkan kapasitas dalam kilogram. Biasanya, kemampuan tas membawa beban adalah setengah dari satuan ukuran liter.

Contoh : Tas ukuran 10 Liter. Berarti kemampuan tas membawa beban adalah 5 kilogram.

Jangan membawa barang yang melebihi kemampuan tas, karena akan menimbulkan kerusakan di beberapa bagian, khususnya “D –Ring” atau kait tas berbentuk huruf D yang terbuat dari plastik. Kelebihan beban juga bisa membuat sambungan tas robek.

  • Perhatikan barang bawaan.

Tas anti air terbuat dari bahan PVC 500D tarpaulin yang lembut. Bahan ini rentan terkena benda tajam & api. Jangan memasukkan benda tajam tanpa pembungkus yang aman. Tidak hanya pisau, jarum atau benda metal lain, pensil atau pulpen yang tidak ada tutupnya juga bisa jadi ancaman serius untuk tas ini. Jangan sampai terkena api juga, karena tentu saja akan meleleh dan bocor.

  • Bersihkan segera setelah dipakai.

Sebenarnya, warna tidak mempengaruhi kualitas. Tapi tentu saja mempengaruhi kita untuk memakainya. Tas kotor jelas sekali seperti benda yang tidak terawat, dan akhirnya malam untuk memakainya. Biasakan cuci tas setelah dipakai dan simpan di tempat yang kering.

Perlu diperhatikan : Ada beberapa noda yang memang sulit dibersihkan kalau sudah terlanjur kering. Langkah terbaik adalah, cuci segera tas dengan sabun dan sikat yang lembut.

Tas anti air yang dirawat dengan baik akan memberikan performa terbaiknya. Dengan begitu, barang bawaan juga akan terjamin aman dari masalah air.

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *