Persiapan Mendaki Untuk Pemula

Batur
Gunung Batur

Mendaki gunung, adalah salah satu kegiatan menantang untuk mengisi liburan. Selain memacu adrenalin, menikmati pemandangan alam dari puncak gunung selalu punya nilai tersendiri. Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak dan terindah di dunia. Tentu sebagai warna negara Indonesia, sudah sepantasnya mendaki setidaknya satu gunung yang ada di negara sendiri.

Tapi, mendaki gunung juga salah satu aktivitas ekstrim yang memerlukan persiapan yang sangat baik. Tidak seperti kegiatan outdoor lainnya, mendaki gunung tentu akan berhadapan dengan berbagai rintangan yang tidak mudah untuk dilewati oleh pemula.

Beberapa rintangan tersebut misalnya medan yang berat, temperatur atau suhu udara ekstrim, cuaca tidak menentu, agin kencang, kondisi tubuh tidak bagus, dan masih banyak rintangan lainnya. Bayangkan saja, apa jadinya kalau semua rintangan itu akan kita hadapi tanpa persiapan matang?
Persiapan itu hal mutlak, wajib dan sangat penting, apalagi untuk pemula. Beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan, seperti :

Pakaian.

Memperhatikan pakaian yang cocok untuk mendaki adalah hal yang sangat penting. Siapkan mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala, yaitu: Sepatu, Kaos kaki, celana, pakaian dalam, baju, jaket, penutup leher dan kepala dan kacamata. Siapkan juga pengganti untuk masing-masing kategori yang memang perlu diganti setiap hari.

pakaian mendaki

Peralatan

Mendaki perlu alat bantu yang efektif, ringan dan berdaya guna besar. Pilih peralatan camping, memasak, sleeping bag, jas hujan dan peralatan lain yang memang benar-benar diperlukan saja. Khusus untuk tas, pakailah carrier atau tas khusus mendaki yang memili raincover. Lebih baik lagi memakai backpack anti air, jadi barang bawaan aman dari basah.

IMG_0175

Makanan

Bawalah makanan yang ringan, ringkas tapi cukup mengandung kalori. Kalau harus memasak, bawalah makanan yang cepat dimasak, jadi tidak terlalu repot. Ingat juga membawa air minum secukupnya untuk menjaga tubuh tetao terhidrasi dengan baik. Hindari alkohol.

hiking-snacks

Pengetahuan

Sebagai pendaki pemula, mengetahui seluk beluk pendakian adalah hal mutlak. Mulai dari menetukan gunung mana yang akan didaki, bagaimana rute dan karakteristiknya, apa tantangannya, dan lain sebagainya. Ada banyak komunitas, forum atau grup facebook yang bisa kita ikuti untuk mencari informasi tersebut.

peta UNGARAN
Fisik dan Mental

Kalau semua hal teknis sudah siap, pendakian tidak akan berjalan lancar kalau mental dan fisik tidak siap. Kesiapan mental berarti kita memang sudah siap untuk menghadapi semua tantangan dan kemungkinan terburuknya. Kesiapan fisik adalah hal wajib, karena medan yang berat membutuhkan ketahanan fisik yang bagus. Awali dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup beberapa hari bahkan beberapa minggu sebelum pendakian.

Olahraga

Perlengkapan Tambahan.

Selain semua hal di atas, ada banyak hal-hal kecil yang cukup krusial untuk disiapkan, seperti : obat-obatan (P3K), lampu senter, survival kit, ponsel cadangan, powerbank, korek api, pisau serbaguna, waterproof bag & pouchbag.

Survival Kit

Etika Mendaki.

Sebagai pendaki, beradaptasi dengan lingkungan dan menjaga etika juga tidak kalah penting. Selalu pegang teguh Prinsip Pecinta Alam :

“Take nothing but picture, Leave nothing but footprint, Kill nothing but time.

Ijin.

Biasanya beberapa gunung yang ramai dikunjungi pendaki dan medannya berbahaya memiliki pos perinjinan. Di pos inilah biasanya yang terhubung langsung dengan pos pantau yang menentukan boleh tidaknya mendaki. Karena status gunung atau kondisi cuaca tidak bisa diprediksi. Usahakan memakai jasa pemandu yang berpengalaman. Jangan mendaki sendiri! Jangan lupa juga memberitahu teman atau keluarga.

Selamat Mendaki

 

Sumber artikel & foto :
www.pecintaalam.net
www.gunungsemeru.com
dan sumber lainnya.

menur astuti

2 thoughts on “Persiapan Mendaki Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *