Alasan Ilmiah Mengapa Berlibur Itu Penting

Beach Chairs

“It’s a hard thing to leave any deeply routine life, even if you hate it.” ~John Steinback

Rutinitas hidup tidak akan mampu kita tinggalkan sekuat apapun kita ingin meninggalkannya. Why? Karena rutinitas adalah kehidupan itu sendiri. So, hal terpenting yang harus kalian lakukan adalah bukan berusaha melepaskan diri dari rutinitas tersebut, namun berusaha menikmati dan bersahabat dengan rutinitas sehari-hari yang cukup melelahkan bahan membosankan.

Namun ada satu solusi yang cukup baik all, agar kalian tetap mampu mencintai rutinitas kalian, yaitu dengan me-refresh nya dengan liburan.  Selain itu, hal penting lainnya yang perlu kalian ketahui adalah terdapatnya hubungan antara liburan dengan kesehatan tubuh dan pikiran. “Istirahat, relaksasi, dan pengurangan stres sangat penting untuk kesejahteraan dan kesehatan. Hal ini dapat dicapai melalui kegiatan sehari-hari, seperti olahraga dan meditasi, tetapi liburan merupakan bagian penting yang perlu dilakukan,” jelas dr Natasha Withers dari One Medical Group di New York.

Aktivitas berlibur selain bisa mengusir stres juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Dampak liburan juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Bahkan hampir keseluruhan atau mayoritas manusia, lebih dapat fokus dan termotivasi pada tujuan mereka setelah pikiran mereka rileks dan mendapatkan hal segar yang baru. Jadi, sempatkan diri untuk rileks dan bahagia dengan cara berlibur.

 

ff82f2c379ec03e3a74039aab4b00abd

Tak Harus Mahal

Tak perlu susah-susah merencanakan liburan ke tempat yang mulu seperti Maldives, Kepulauan Karibia, Hawai, atau tempat mahal lainnya. Bahkan suatu tempat indah di dekat rumah pun sejatinya dapat memberikan efek kesenangan dan kebahagiaan. Cukup berlibur ke luar kota yang tidak terlalu jauh dan datangi tempat spesial disana seperti pantai, kuliner, tempat-tempat unik, dan spot lainnya.

 

Berlibur ke tempat mahal, bila kita tidak tahu cara menikmatinya dan kita tidak bisa membagi kebahagiaan dengan orang-orang tercinta pun akan sama saja dan tidak berdampak apa-apa. Ingat, yang terpenting dari liburan adalah kesan akan momen yang indah. Meski hanya berlibur ke tempat yang cuma berjarak 60 menit perjalanan dari tempat tinggal kita pun akan terasa maksimal bila kita mampu menikmatinya bersama orang-orang tersayang.

 

IMG_0483

Prepare Secukupnya

Singkirkan koper berpuluh-puluh kilogram dari hadapan kalian. Me-refresh pikiran bisa hanya dengan berlibur 2 atau 3 hari saja asal kita dapat menikmatinya dengan baik. Bawa pakaian secukupnya dan tak perlu berlebihan. Sesuaikan dengan musim pada saat itu. Selalu sedia waterproof dry bag dan sejenisnya untuk berjaga-jaga dan memproteksi barang penting seperti gadget, dompet, bahkan pakaian. Ingat, yang terpenting dari berlibur adalah kesan indah pada momen, bukan seberapa mahal dan seberapa jauh kalian berlibur.

menur astuti

One thought on “Alasan Ilmiah Mengapa Berlibur Itu Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *