Tempat Wisata Keren di Papua Yang Harus Dikunjungi

jaya-wijaya

Bagi yang ingin jauh-jauh ke Eropa atau benua lain hanya untuk melihat keindahan panorama, maka urungkan dulu deh niat kalian. Bukan apa-apa, karena tanah di Indonesia ini masih terlalu banyak yang indah dan masih sangat banyak yang belum pernah kita kunjungi. Salah satunya adalah pulau Papua yang memiliki banyak daerah wisata yang indah dan unik. Berikut spot-spot wisata Papua yang recommended untuk kalian kunjungi

 

raja ampat

Raja Ampat

Kalau tempat ini tak perlu diragukan lagi keindahannya. Kepopulerannya di dunia traveling memang sudah tinggi, bahkan pesona Raja Ampat mulai dikenal di seluruh dunia.Raja Ampat memiliki biota laut yang beragam. Menurut laporan dari The Nature Conservancy, sebanyak 75% spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat. Selama menyelam, Anda akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan juga penyu laut. Mengasyikan, ya? Meskipun Anda bebas menyelam kapan saja sepanjang tahun di sini, namun waktu terbaiknya adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan ini, cuaca sedang bagus dan air sangat jernih sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal.

 

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Merupakan taman nasional yang menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia dengan luas 1.453.500 hektar ini hampir 90% berupa perairan.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan. Selain menikmati alam bawah lautnya, Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. Pulau Mioswaar, salah satu pulau di tempat wisata di Papua ini, memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang yang layak Anda kunjungi. Selain Pulau Mioswaar, masih ada Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi dan pulau-pulau lainnya yang tak boleh Anda lewatkan.

 

 

papua 1

Pantai Amai

Pantai unik yang sangat tenang dan tidak terlalu banyak pengunjung. Di ujung pantai, ada muara sungai yang membuat air asin dan air tawar bertemu di sini. Air tawar ini biasa digunakan oleh wisatawan untuk membilas diri setelah berenang di pantainya.

Selain berenang, Anda juga bisa bermain voli pantai, menyelam, snorkeling atau bersantai di gazebo yang bisa Anda sewa dengan harga 50.000 Rupiah. Jika ingin menginap, di Pantai Amai sudah tersedia penginapan dengan gaya rumah panggung.

 

 

jaya-wijaya

Puncak Jaya Wijaya

Merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan termasuk dalam 7 puncak tertinggi di dunia dan menjadi incaran para pendaki gunung di dunia. Puncak Jayawijaya merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Sudirman (Sudirman Range) di Provinsi Papua. Puncak Jayawijaya atau yang lebih singkat disebut Puncak Jaya, memiliki ketinggian mencapai + 4.884 meter di atas permukaan laut (dpl), sehingga memungkinkan daerah ini diselimuti oleh salju abadi.

 

Danau Sentani

Danau dengan luas 9.360 hektar ini merupakan danau terbesar di Papua. Terletak sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura, Danau Sentani menawarkan keindahan luar biasa. Sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini mulai dari berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau sampai menyewa perahu untuk berkeliling danau. Selain itu, ada 24 desa di sekitar tempat wisata ini yang bisa Anda kunjungi dan berinteraksi langsung dengan warganya. Pemandangan deretan rumah panggung dengan jaring ikan menjadi hal yang wajar Anda saksikan di sini.

 

Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Di sini, Anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya.

Pada bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat wisata di Papua yang menarik banyak perhatian wisatawan. Selama tiga hari diselenggarakan acara tahunan yaitu Festival Lembah Baliem. Festival ini sebenarnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi di sini. Perang antar suku telah dilarang, sebagai gantinya diadakan festival ini yang mengubah perang tersebut menjadi pertunjukan seni dan budaya untuk mengundang wisatawan.

 

 

 

Sumber: pelbagai sumber

menur astuti

2 thoughts on “Tempat Wisata Keren di Papua Yang Harus Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *