Manfaat Liburan Bagi Kesehatan

holiday-mood

Sebagai manusia, kita terkadang butuh untuk rehat sejenak dari rutinitas yang membelenggu. Rasa jenuh dan stres adalah hal wajar namun tidak boleh dibiarkan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, liburan adalah salah satu alternatif terbaik bagi kalian.

“Istirahat, relaksasi, dan pengurangan stres sangat penting untuk kesejahteraan dan kesehatan. Hal ini dapat dicapai melalui kegiatan sehari-hari, seperti olahraga dan meditasi, tetapi liburan merupakan bagian penting yang perlu dilakukan,” kata dr Natasha Withers dari One Medical Group di New York.

Withers menyatakan bahwa aktivitas berlibur selain bisa mengusir stres juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

“Kita juga tahu bahwa pikiran yang sehat membantu proses penyembuhan, sehingga beristirahat. Membuat pikiran rileks dapat membantu tubuh menyembuhkan penyakit lebih baik,” kata Withers seperti dikutip ABC News.

Dampak liburan juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Francine Lederer, seorang psikolog klinis di Los Angeles yang mengkhususkan diri sebagai pakar pengendali stres dan manajemen hubungan menyatakan, “Kebanyakan orang memiliki perspektif hidup yang lebih baik dan termotivasi untuk mencapai tujuan mereka setelah liburan, bahkan jika itu hanya dilakukan selama 24-jam.”

Psikolog klinis Deborah Mulhern Bethesda, juga telah menemukan bahwa orang yang tidak mengambil cukup waktu untuk bersantai, mungkin merasa sulit untuk bersantai di masa depan.

“Tanpa waktu dan kesempatan untuk melakukan hal ini, koneksi saraf yang menghasilkan perasaan tenang dan damai menjadi lemah, sehingga lebih sulit untuk beralih mengurangi stres,” ujar Mulhern.

Selain itu bertemu dengan banyak orang saat liburan memungkinkan kalian mendapat teman baru dari berbagai penjuru. Ini memicu daya sosialisasi kalian pada hal-hal yang baru dan menambah pengetahuan kalian. Tidak menutup kemungkinan mendapat rekanan bisnis baru. Selain itu liburan juga mampu meniadakan stres pikiran walau hanya sementara.

Dan yang terpenting, liburan akan meningkatkan keharmonisan dengan orang-orang tercinta. Waktu yang setiap hari kian terbatas dengan orang-orang tercinta, mampu menurunkan keharmonisan. Dengan berlibur bersama, tentunya anda akan memiliki waktu berkualitas dengan keluarga. Dan manfaat liburan sangat baik untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

 

 

 

sumber: pelbagai sumber (viva & manfaat)

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *