Tips aman saat liburan

blog 1

Semua orang pasti suka liburan. Karena, liburan identik dengan refreshing atau menyegarkan pikiran, membuka diri dengan hal-hal baru dan memberikan waktu santai untuk diri sendiri. Membayangkan saja rasanya sudah segar sekali.

Membahas liburan, tentu tidak lepas dari persiapan. Tapi sebenarnya persiapannya tergantung lokasi tujuan liburan itu sendiri. Kalau liburan hanya di rumah, mungkin yang paling penting disiapkan adalah makanan, DVD kalau suka nonton film, internet yang bagus kalau mau nonton youtube seharian, buku untuk yang suka baca-baca buku dan lain sebagainya. Tapi kalau tujuan liburannya ke luar kota, penting melakukan persiapan yang baik.

Walaupun sedang menikmati liburan, jangan sampai lupa dengan keamanan diri sendiri atau barang-barang bawaan. Menjaga keamanan disini maksudnya baik dari lingkungan sekitar dan kelalaian diri sendiri.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum / saat liburan :

  • Lengkapi diri dengan Identitas.

Selalu lengkapi diri dengan identitas lengkap (KTP, SIM, Paspor, Visa dll), alamat hotel atau penginapan, nomor telepon dan kontak-kontak penting lainnya. Simpan semuanya di satu tempat dan jaga dengan baik. Jangan sampai hilang. Tips : Sebaiknya scan semua kartu identitas yang dimiliki kemudian simpan di cloud storage, seperti di Google Drive, SkyDrive, iCloud atau kirim ke email sendiri juga bisa. Ini akan sangat membantu saat diperlukan.

  • Update di Social Media.

Terlepas dari kata narsis, social media juga penting supaya teman-teman atau kerabat tahu kita sedang ada dimana. Untuk jaga-jaga, tidak ada salahnya memberikan update setiap mengunjungi tempat baru, bahkan kalau bisa aktifkan layanan lokasi, sehingga layanan peta digital bisa merekam lokasi liburan.

  • Pelajari Budaya Lokal

“Dimana bumi dipijak, di sana langit dijunjung” & “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”. Dua pepatah ini mengajarkan kita untuk beradaptasi kapanpun dan dimanapun berada. Setiap tempat punya aturan dan norma yang berbeda-beda. Selalu pelajari budaya lokal sebelum mengunjungi suatu tempat, bagimana orang-orangnya, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jangan lupa bertanya kalau memang masih ragu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Bawa barang seperlunya

Setelah tahu kemana tujuan liburan, bawalah barang-barang seperlunya. Jangan membawa semua isi rumah ke tempat liburan. Apalagi tujuannya supaya semua orang tahu. Hal ini justru akan membuat kita ribet sendiri. Bawa barang yang benar-benar diperlukan, bisa dimulai dengan membuat daftar, kemudian mengeliminasi yang kurang penting. Ini cukup membantu.

Jangan juga berdandan terlalu mentereng, apalagi mencolok sampai menarik perhatian. Kalau kata bung Napi, kejahatan tidak hanya terjadi karena niat pelaku, tapi karena adanya kesempatan. Waspadalah! Waspadalah! 😀

  • Catat dengan baik

Kalau memang menggunakan jasa guide atau sopir pribadi, usahakan untuk mencatat nama & nomor telepon, nomor plat kendaraan (kalau memang ada). Termasuk mencatat semua barang bawaan saat liburan. Ribet sih, tapi ini akan membuat kita lebih aman tanpa takut ada yang ketinggalan di tempat liburan.

Tujuan liburan kan untuk senang-senang, bukan sebaliknya. Selalu waspada dan beradaptasi dengan baik adalah kunci utamanya.

Selamat berlibur.

menur astuti

One thought on “Tips aman saat liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *