Tips Diving Yang Aman

fiji_scuba_diving_view_0

Ingin alternatif aktivitas liburan yang berbeda dan jarang dilakukan? Yup, diving atau menyelam merupakan salah satu kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan sensasi baru. Selain menyenangkan, diving juga merupakan olahraga yang cukup ekstrem atau berbahaya. So, kalian juga perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan diving.

 

Stamina

Jika ingin menyelam, traveler harus punya stamina yang cukup. Karena di dalam laut air akan terus bergerak.

Kalau traveler sampai kurnag tidur maka tubuh akan mudah lelah. Belum lagi olahraga ini membutuhkan keseimbangan di dalam air.

Sangat berbahaya kalau traveler sampai pingsan di dalam air. Resiko kematian di bawah air lebih besar karena terlambat ditangani.

 

Jangan minum soda sebelum menyelam

Saat menyelam, tubuh akan dipaksa melawan gravitasi. Soda yang ada di dalam softdrink akan membuat tubuh mengeluarkan gas.

Hal ini akan sangat berbahaya di bawah air. Karena saat mengeluarkan gas, bisa saja traveler muntah di dalam air. Keadaan ini akan sangat berbahaya.

Jadi jika ingin melakukan peyelaman, traveler di harapkan tidak minum soda minimal 1×24 jam.

 

Jangan Menyentuh Terumbu Karang

Melihat keindahan bawah laut tak lain adalah menikmati ikan-ikan di antara terumbu karang. Tapi ada sebagian orang yang tidak tahu kalau karang atau coral tidak boleh disentuh.

Kenapa tidak boleh? Karena karang adalah hewan yang sangat sensitif. Betul, karang adalah hewan. Pertumbuhannya pun sangat lambat. Hanya kurang dari 1 Cm per tahunnya.

Belum lagi beberapa karang memiliki sengat. Traveler yang menyentuh karang akan tersengat dan mengalami bengkak di kulit. Jadi hati-hati ya traveler.

 

Lisensi

Ini adalah bagian terpenting saat ingin menyelam. Bagi traveler yang belum memiliki lisensi tidak perlu khawatir. Karena traveler bisa menyewa dive guide sebagai ‘buddy’ atau teman menyelam.

Hal yang harus diperhatikan adalah terus berkomunikasi dengan buddy. Caranya dengan menggunakan body language atau bahasa tubuh yang sudah disepakati secara internasional.

Traveler harus bisa menggunakannya, sehingga jika ada masalah buddy akan segera menanganinya.

 

Cek peralatan

Perlengkapan saat menyelam tidaklah sedikit. Mulai dari masker, regulator, BCD, wetsuit, fin sampai tabung. Semua harus traveler cek dengan baik. Cara mengeceknya adalah dengan mencobanya sebelum turun ke dalam air.

Jika ada alat yang di rasa kurang pas seperti fin atau masker yang kendor segera konsultasi dengan guide atau buddy. Karena keselamatan adalah hal penting saat diving.

Setelah membaca tips dari detikTravel di atas, tentunya makin tahu dong cara diving yang aman? Yuk menyelam!

 

 

Source: detik

 

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *