Tips Traveling Bagi Wanita Hamil

flying_pregnant940

Kehamilan memang merupakan masa-masa yang menyenangkan namun juga berat bagi wanita. Namun bukan berarti para wanita tidak boleh melakukan aktivitas sama sekali ketika sedang hamil. Bahkan kalian yang sedang mengandung pun tetap boleh melakukan traveling yang menyenangkan all! Namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Check this out!

 

Usia kandungan

Dokter kandungan ternama asal California, Dr Aron Schuftan, merekomendasikan ibu hamil untuk traveling di usia kehamilan 20-30 minggu. Sedangkan waktu-waktu yang harus dihindari, selain trimester pertama dan beberapa waktu sebelum melahirkan, adalah minggu ke 36-38.

 

Transportasi Traveling:

Dengan pesawat terbang

  • Konsultasi dengan dokter dan minta surat rekomendasi.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu formal. Agar kalian mudah ketika ke toilet.
  • Sedia selalu pantyliner atau tisu basah. Hal ini dikarenakan daerah vital wanita seringkali basah dan lembab ketika sedang hamil karena ketidak seimbangan hormon.

Dengan mobil

  • Sedia selalu bantal leher dan bantal punggung agar tubuh tetap rileks
  • Meskipun kalian tidak mengemudi, tetap mintalah berhenti setiap 2 jam sekali untuk perenggangan tubuh.
  • Gunakan sabuk pengaman dengan posisi sabuk dibawah perut. Hal ini agar tidak berbahaya bila sewaktu-waktu terjadi benturan.

 

Jangan Sendirian

Sebisa mungkin ketika traveling kalian didampingi suami atau kerabat pria yang dapat menjaga dan membantu kalian ketika terjadi apa-apa ketika berada di perjalanan maupun lokasi traveling. Pastikan terdapat minimal seorang pria dalam rombongan traveling kalian.

 

Perhatikan Destinasi

Usahakan traveling ke tempat yang tidak terlalu jauh dan bermedan yang tidak terlalu sulit. Pilih tempat yang berakses mudah untuk dilalui dan tidak terjal seperti pantai, wisata pemandangan atau lainnya.

 

 

        

 

menur astuti

One thought on “Tips Traveling Bagi Wanita Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *