Tips Family Trip

123

Liburan selalu akan tampak menyenangkan, apalagi bila dijalani bersama keluarga tercinta. Namun liburan pun perlu perencanaan matang dan tepat all. Karena kalian akan menemukan kesulitan bila tidak merencanakan semuanya jauh-jauh hari sebelum berlibur. Beriku t tips berlibur bersama keluarga. Check this out!

 

  1. Survei Lokasi Liburan

Tips liburan nyaman bersama keluarga yang pertama adalah pilih lokasi liburan yang sesuai dengan kondisi anak. Jangan paksakan pergi ke tempat yang terlalu jauh meskipun bagus. Jika anak Anda memiliki alergi yang serius, pastikan lokasi liburan Anda tidak akan menimbulkan masalah baru baginya. Selalu membawa obat-obatan dan survei lokasi rumah sakit terdekat jika ada keadaan darurat.

 

  1. Teliti Pilih Biro Perjalanan

Berwisata menggunakan jasa biro perjalanan? Memang banyak kelebihan yang didapat, di antaranya Anda tak perlu repot mengurus segala keperluan di lokasi wisata. Apalagi sekarang banyak biro perjalanan menawarkan paket promo yang menggiurkan. Namun, perlu diingat, jangan langsung tergiur harga murah. Teliti dulu sebelum memesan, apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Pilih juga biro perjalanan yang sudah memiliki track record jelas dan terpercaya.

 

  1. Kereta Dorong

Selain baju ganti, mainan dan makanan kesukaan anak, ada beberapa barang wajib bawa yang memudahkan perjalanan Anda bersama anak-anak, misalnya kereta dorong. Si kecil bisa bebas tidur di kereta dorongnya dengan nyaman. Pilih kereta dorong yang tidak terlalu berat dan mudah dibuka tutup.

 

  1. Cek Popok

Ketika berlibur, sering-seringlah mengecek popok anak Anda, karena pada umumnya kita lupa, dan baru diganti ketika popok sudah terlanjur bocor. Selain anak kurang nyaman, popok yang terlambat diganti juga bisa memicu timbulnya ruam popok yang bisa membuat Si Kecil semakin rewel. Krim ruam popok dan tissue basah sebaiknya selalu tersedia di dalam tas Anda.

 

  1. Usahakan Mendapatkan Tiket Promo

Pada saat menjelang liburan atau masa liburan harga tiket pesawat dan hotel atau penginapan biasanya mengalami kenaikan harga, langkah terbaik adalah menentukan jauh-jauh hari rencana liburan anda, sehingga anda bisa mendapatkan tiket pesawat, promo atau hotel dengan biaya lebih murah. Bisa juga anda berlangganan info promo hotel melalui email untuk mengetahui penawaran harga terbaik dari berbagai hotel untuk mendukung kegiatan liburan anda dan keluarga.

 

  1. Menggunakan Tranportasi Umum

Bila pergi berlibur dengan keluarga menggunakan transportasi umum, anda harus benar-benar mengetahui jadwal dan ketersedian transportasi di tempat wisata tujuan anda. Jam berapa kita harus berangkat dan jam berapa harus kembali atau meninggalkan tempat wisata tersebut, sehingga kita tidak membuang waktu percuma hanya karena kesulitan memperoleh sarana tranportasi

 

  1. Membawa Peta Wisata

Peta wisata sangat penting kegunaannya di saat anda bepergian sendiri atau tanpa menggunakan guide dari travel agent, hal ini sebagai petunjuk kemana seharusnya kita akan berjalan, disamping itu bisa menghemat waktu dalam perjalanan karena kita tidak harus berputar-putar mencari lokasi tujuan wisata kita. Bagi anda yang menggunakan gadget android, fasilitas google map bisa dipergunakan dan dimanfaatkan untuk mengetahui keberadaan lokasi tempat wisata kita.

 

  1. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Kemanapun Tujuan berlibur kita, mempersiapkan dokumen pribadi seperti KTP sangatlah penting, terutama SIM bila anda mengendarai mobil atau kendaraan lainnya untuk berlibur bersama keluarga. Kelengkapan data pribadi ini sangat berguna disaat anda melakukan pemesanan hotel, adanya pemeriksaan atau operasi yustisi dan lain-lain. Bagi yang berlibur ke luar negeri, kelengkapan data seperti Pasport dan atau Visa otomatis harus dilengkapi, bila tidak mau dianggap masuk Negara lain secara illegal.

 

  1. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Di saat berlibur bersama keluarga atau bepergian seorang diri ada baiknya untuk tidak membawa uang tunai berlebihan, yang terpenting cukup dipergunakan selama perjalanan. Namun bila benar-benar dalam kondisi kekurangan kita bisa mengambil dana di ATM di sepanjang perjalanan.

 

  1. Persiapkan Obat Pribadi

Bila kita bepergian apalagi dengan mengajak anak-anak harus benar-benar dipersiapkan, membawa obat-obatan seperti obat mual, obat diare, obat panas-dingin, obat sakit kepala, Maag, minyak kayu putih dan lain-lain bisa sangat berguna selama dalam perjalanan. Bagi yang memiliki penyakit khusus seperti asma disarankan untuk membawa obat sendiri sebagai langkah antisipasi, demi kenyaman libuaran anda.

 

 

sumber: pelbagai sumber

 

menur astuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *